LANGGANAN LISENSI KEY ESET NOD32 DAN ESET SMART SECURITY HANYA RP 10.000/3 BULAN HUBUNGI 0852 712 04679 | DAPATKAN AKUN PREMIUM FILESONIC, HOTFILE, FILESERVE, MEGAUPLOAD, WUPLOAD, ORON, DLL SECARA GRATIS HANYA DI FORUM KOZON69 (www.kozon69forum.newgoo.net)
Kamis, 10 Februari 2011

4
Jurus Sakti Mengobati Explorer.exe yang Sakit


Tulisan ini terinspirasi dari banyaknya masalah yang saya lihat, bahkan sahabat KoZon69 sudah ada yang mengalami masalah ini. Hilangnya Explorer.exe memang akan sangat menyulitkan kita untuk mengoperasikan komputer. Untuk itu, kali ini saya akan memberikan "Jurus Sakti Mengobati Explorer.exe yang Sakit".
Pada dasarnya, tidak berfungsinya explorer.exe ini adalah masalah umum yang memang sering terjadi. Yang paling sering kita temukan ketika kita ingin membuka atau menutup aplikasi atau folder menggunakan windows explorer. Penyebab kesalahan explorer.exe ini bisa disebabkan oleh banyak hal, misalnya saja kesalahan resource sistem atau kernel sistem. Kerusakan ini terjadi pada aplikasi windows yang bernama explorer.exe
Perbaikan-perbaikan berikut menuntut komputer Anda dalam keadaan normal, artinya menu "Task Manager" bisa dibuka. Kerusakan explorer.exe ini hanya menyebabkan kita tidak bisa menjelajahi windows dengan mudah, namun tidak menyebabkan kerusakan pada aplikasi lain.

Berikut saya akan menjelasakan beberapa penyebab utama matinya Explorer.exe berdasarkan urutan kemungkinan yang paling sering terjadi dan cara mengatasinya:

  1. Ada file sistem yang rusak. Ini merupakan kemungkinan yang paling sering terjadi, namun tidak menyebabkan explorer mati total. Kemungkinan ini juga yang paling mudah dideteksi, tapi memperbaikinya juga yang paling rumit. wkwkwkwkwkwk. Cara termudah mendeteksi kerusakan ini adalah dengan menggunakan "Scandisk" untuk menemukan file yang rusak dan memperbaikinya. Untuk menjalankan Scandisk, buka icon "My Computer" pada desktop komputer Anda dan kemudian klik kanan ikon hard drive (kerusakan pasti ada di  drive “C” jika anda menginstall OS pada drive C). Kemudian pilih menu "Properties" dan kemudian klik lagi tab menu "Tools" yang berada di bagian atas. Selanjutnya klik tombol "Check Now" untuk menscan file-file komputer Anda untuk mengetahui kesalahan atau kerusakannya. Setelah diketahui, sekarang silakan lakukan "REPAIR WINDOWS". hahahahaha. Ini lah alasan mengapa saya katakan memperbaikinya rumit, karena harus repair windows dengan CD OS nya, jika belum memiliki bagaimana?????????????????? Untuk referensi OS yang cocok Anda bisa LIHAT DISINI.
  2. System Resources Not Available. Hal ini disebabkan oleh adanya kesalahan sejumlah resources yang berimbas pada aplikasi Explorer.exe . Hal ini sering terjadi karena komputer anda telah terinstall banyak program aktif pada waktu yang bersamaan dan menghabiskan sistem resource komputer anda. Mungkin anda tidak membuka program itu, tapi registry program itu berjalan pada background windows. Memang sekarang ini komputer memiliki kecepatan bandwitdth yang sangat tinggi. Namun jika terlalu banyak menginstall program sedikit demi sedikit bandwitdh itu akan terkuras untuk menjalankan setiap program. Selain itu, ini merupakan masalah yang kompleks. kadang-kadang kita terlalu banyak menyimpan video dan musik dalam hard disk tanpa kita sadari video dan musik ini akan banyak memakan space hard disk kita dan bisa menyebabkan error. Dan dari pengalaman saya, menyimpan banyak video akan menyebabkan komputer menjadi jauh lebih lambat jika dibandingkan kita menyimpan file lain. Saran kecil saya namun sangat besar manfaatnya untuk menghindari disk error, sebaiknya video disimpan dalam drive external saja seperti DVD dan lain-lain. Maaf yah jika saran ini memberatkan kalian. hehehehehehehe, namun saya sudah mengalami.
  3. Komputer terinfeksi Virus atau Malware . Virus awalnya menyebar dari internet. jadi, gunakan anti virus yang bagus untuk masalah surfing. Virus-virus yang masuk kekomputer kita melalui media internet ataupun media external lain dapat menyebakan error pada explorer.exe. Ini juga sering saya temukan. Virus akan mempertahankan dirinya dengan cara menghilangkan explorer.exe. Tujuannya adalah agar kita tidak bisa menghapus virus dari komputer. Cara pencegahannya sangat gampang namun butuh kedisiplinan. Update saja anti virus anda setiap ingin surfing atau bertukar file secara rutin. Jangan menggunakan anti virus yang menggunakan Crack, ini sama saja memberi sarang pada virus dengan kedok anti virus. Jika komputer anda sudah terinfeksi, silakan restart komputer anda dan pada waktu “Windows Safe Mode” tekan “F8″ untuk masuk Safe Mode. Setelah masuk Safe Mode, update program anti-virus anda diikuti dengan scan penuh untuk membasmi virus. Namun, kebanyakan anti virus akan dinonaktifkan oleh virus. jadi anti virus ini sebenarnya menjadi tidak berfungsi atau bahkan tidak bisa dijalankan . sebagai alternatif lain dan agak gampang serta lebih efektif, gunakan saja Rescue CD. saya rekomendasikan 2 rescue cd yang sangat sakti. Yang pertama adalah AVG Rescue CD dan Kaspersky Boot CD. Download dan burning dalam sebuah CD dan jalankan pada bios. Proses scan berjalan otomatis secara menyeluruh, sambil menunggu lebih enak buat kopi dan sediakan cemilan. hehehehehehehe. waktu yang dibutuhkan hampir sama dengan repair windows.
  4. Aplikasi Komputer tidak kompatibel. Ini juga sering terjadi, kadang-kadang kita menginstallkan perangkat lunak yang tidak kompatibel dengan OS yang kita gunakan. penyebab lain juga karena software yang kita gunakan rusak atau belum teruji. bisanya software ini adalah tema windows yaitu Windows 7 Transformation Pack. Cara untuk mengetahui sangat mudah, ingat saja kronologis sebelum explorer.exe tidak bisa dijalankan. Jika sebelumnya anda menginstallkan sebuah software, maka software inilah masalah yang harus kita basmi dengan cara meng-uninstallnya. Biasanya menginstall program yang tidak kompatibel atau rusak akan mengakibatkan kerusakn explorer.exe secara menyeluruh. Kerusakan ini tidak bisa dikembalikan dengan restart atau dengan cara menambah resource. Karena explorer tidak bisa digunakan biasanya mouse juga tidak bisa dijalankan. Cara yang enak digunakan adalah menggunakan "Task Manager". lalu bagaimana kita mengklik menu-menu pada task manager jika mouse tidak berjalan?????????????? caranya kita gunakan tombol perintah. Sebelumnya buka dulu task manager dengan menekan tombol Ctrl + Alt + Del secara bersamaan maka akan keluar jendela task manager. lalu tekan "Alt + f " untuk menampilkan menu task manager, pada menu pilih "New Task" dan tekan enter. Pada form tuliskan "Control Panel" maka jendela kontrol panel seperti biasa akan keluar. Pilih "Add or Remove Programs" dengan menggunakn scrol kendali ( yang kiri, kanan, atas, bawah itu lo sob). selanjutanya uninstall program yang baru kita installkan tadi.
  5. Explorer lambat terbuka. Untuk masalah jenis ini sebenarnya explorer tidak hilang tetapi tidak berfungsi. hal ini dikarenakan banyaknya software yang ditampilkan pada "star up" dan bisa juga terjadi karena sebuah software yang ingin kita buka error atau tidak menanggapi perintah windows (agak membangkang ne software, harus diberi pelajaran PPKN nih. wkwkwkwkwkwkwkwkwkwk). Cara memperbaikinya dengan terpaksa kita akan memperbesar resource komputer kita. Yah, mau tidak mau ada program yang harus dimatikan. Lihat saja task manager dengan menekan Ctrl + Alt + Del dan lihat apa saja aplikasi yang berjalan pada windows dengan memilih tab "Process", pilih dan matikan palikasi yang menurut anda tidak perlu dijalankan dengan menekan "End Task".

Nah, demikianlah penyebab-penyebab yang bisa mengakibatkan sakitnya explorer.exe dan cara menyembuhkannya kembali. hehehehehehehe

namun jika kelima Jurus Sakti tersebut gagal untuk menyembuhkan explorer.exe, maka dengan terpakasa kita akan menggunakan Jurus Terlarang yaitu "INSTALL ULANG"

Tapi ingat sob, jurus terlarang ini hanya boleh digunakan jika lima jurus sakti andalan kita gagal menyembuhkan Explorer.exe

selamat mencoba trik ini. dan semoga anda semua sudah bisa menyembuhkan explorer.exe anda yang sedang sakit.
terima kasih



Artikel Terkait:

Comments

4 komentar:

hanja mengatakan...

masbro tolong banget cariin serial number auslogic boot speed 5.2.1.0

Renita Sari mengatakan...

gan kalau mengatasi "Remote procedure call failed and did not excute" pakai cara yang mana gan? tolong bantuannya

andika mengatakan...

mkasih gan ,,, postingan jurus-sakti-mengobati-explorerexe , yang bagus dan bermanfaat ini layaknya di share ajja ,, nih saya bantu ngeshare ,, ,, jgn lupa kunbal nya pulsagratisandroidku.blogspot.com terimakasih skali lagi gan , maju terus blog nya ,,, !

Unknown mengatakan...

makasih gan infonyaa


Kini Bayar PPOB tidak perlu lagi buang - buang waktu & tenaga , cukup gunakan Smartphone Anda sudah bisa melakukan pembayaran secara online.Klik www.serbabayar.com atau Download Appnya sekarang di PlayStore : https://goo.gl/ge8E2d

Posting Komentar

Silahkan sisihkan sedikit waktu Anda untuk memberikan komentar atau saran pada artikel ini buat kemajuan KoZon69.
Komentar Anda sangat berharga bagi kami, ibarat air yang menyirami bumi disaat kemarau melanda.
Terima kasih buat teman-teman yang sudah memberikan komentar atau saran.

 
KoZon69 | © 2012 Designed by http://komputerzone69.blogspot.com